Sabtu, 22 November 2014

PERBEDAAN ORGANISASI NIAGA & ORGANISASI SOSIAL



PERBEDAAN ORGANISASI NIAGA DAN ORGANISASI SOSIAL.

A.    Organisasi Niaga.




Organisasi Niaga Adalah Suatu organisasi yang sifatnya untuk mencapai suatu keuntungan. Organisasi ini sering kita temui dalam kehidupan yang berbasis globalisasi saat ini, dengan faktor ekonomi yang semakin berkembang menjadikan Organisasi Niaga semakin pesat pula. Adapun Macam-Macam Organisasi Niaga Antara Lain:

1.Perseroan Terbatas (PT)

Perseroan Terbatas dahulu disebut Naamloze Vennootschaap (NV), yaitu suatu persekutuan untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya.

2.Perseroan Komanditer (CV)

Persekutuan Komanditer atau biasa disebut CV (Commanditaire Vennootscap) adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.

3.Firma (FA)

Firma adalah persekutuan untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan memakai nama bersama. Pendirian sebuah firma dilakukan dengan membuat akta perjanjian di hadapan notaris. Perjanjian tersebut memuat nama pendiri firma, cara pembagian keuntungan firma, serta waktu mulai dan berakhirnya perjanjian firma.

4.Koperasi

Koperasi adalah suatu jenis badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum yang melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berasaskan kekeluargaan. Tujuan koperasi adalah mensejahterakan anggotanya (menurut UUD 1945 pasal 33 ayat 1).

5.Join Ventura
           
        Joint Ventura atau Perusahaan Patungan adalah sebuah kesatuan yang dibentuk antara 2 pihak atau lebih untuk menjalankan kegiatan ekonomi bersama. Perusahaan ini umumnya untuk suatu proyek khusus saja dan bisa berupa badan hukum, kemitraan atau struktur resmi lainnya bergantung pada jumlah pertimbangan seperti pertanggungjawaban pajak dan kerugian.

6.Trust

Trust atau kepercayaan yaitu suatu kepercayaan dari atasan untuk bawahan atau sebaliknya. Hubungan tersebut merupakan hal yang sangat penting agar kerjasama dapat tercipta dengan efektif. Bentuk trust yang muncul sangat jelas terjadi ketika atasan dan bawahan saling mengenal Knowledge Based Trust atau pengetahuan berdasarkan kepercayaan , namun baik di awal hubungan mereka ketika mereka masih menjadi stranger atau orang asing.

7.Kartel
         
   Kartel adalah kelompok produsen mandiri yang bertujuan menetapkan harga, membatasi suplai dan kompetisi.

8.Holding Company

Perusahaan induk atau Holding Company adalah perusahaan utama yang membawahi beberapa perusahaan yang tergabung ke dalam satu grup perusahaan. Melalui pengelompokan perusahaan ke dalam induk perusahaan, bertujuan untuk meningkatkan atau menciptakan nilai pasar perusahaan (market value creation).

B.      Organisasi Sosial


Organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. Sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama, manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.

C.    Kesimpulan

Setelah saya membaca tentang apa itu yang dimaksud organisasi social dan apa itu organisasi niaga yang saya dapatkan daro beberapa referensi yang saya dapatkan.
Saya menyimpulkan bahwa organisasi niaga adalah sebuah organisasi yang dibentuk berdasarkan atas kebutuhan financial atau memiliki kepentingan yang lebih mengarah material atau dalam kata lain. Bahwa organisasi ini dibentuk dengan tujuan untuk mendapatkan untung yang sebesar-besarnya dari organiasasi ini.
Sedangkan untuk organisasi social adalah sebuah organiasasi yang dibentuk oleh sebuah kelompok atau masyarakat yang dimana tujuan dari organiasasi ini lebih mengarah untuk saling berbagi antara satu sama lain atau terhadap sesama. Didalam organisasi ini tidak mengharapkan sebuah imbalan baik dalam bentuk financial atau pun material ( barang ).
Didalam masyarakat kita atau dalam kehidupan sehari-hari jumlah dari organisasi niaga dan organisasi social lebih banyak keberadaannya dimasyarakat dari pada organisasi social. Padahal, organisasi-organisasi social sangat amat di butuhkan untuk menyentuh masyarakat kalangan menengah ke bawah. Serta, banyak organisasi social yang masih bergantung pada keberadaan organisasi niaga.
D.     Sumber

http://dianhusadanurulnurhidayati.blogspot.com/p/iv-konsep-organisasi-sosial-masyarakat.html


2 komentar: